Cara Mengirim Barang Ke Luar Negeri Dengan Penulisan Alamat yang Benar

Posted by Unknown on Desember 18, 2021

Mengirim paket ke luar negeri menjadi salah satu hal yang mungkin menjadi pertimbangan entah itu karena cara mengirim barang ke luar negeri maupun biaya pengiriman yang akan dikenakan. Sekarang ini juga sudah ada beberapa jasa ekspedisi yang melayani pengiriman ke luar negeri sehingga proses pengiriman barang menjadi lebih mudah.

Cara Mengirim Barang Ke Luar Negeri Dengan Penulisan Alamat yang Benar


Kirim Barang ke Luar Negeri

Mengirim barang ke luar negeri artinya Anda perlu melengkapi beberapa dokumen. Untuk kebutuhan pribadi biasanya tidak terlalu membutuhkan banyak data dan hampir mirip dengan pengiriman antar kota di dalam negeri namun untuk kebutuhan bisnis, dibutuhkan beberapa dokumen pelengkap.

Dokumen ini juga harus disesuaikan dengan negara tujuan karena setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Jadi sebenarnya cara mengirim barang ke luar negeri umumnya sama hanya saja perlu diperhatikan kebijakan bea cukai setiap negara termasuk pembayaran pajak dan dokumen yang dibutuhkan.

Beberapa barang dengan nilai yang rendah tidak diharuskan membayar pajak bagi beberapa negara namun ada juga yang diwajibkan untuk membayar pajak bea cukai. Semua ini kembali lagi kepada kebijakan bea cukai di setiap negara yang sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan pengiriman.


Penulisan Alamat Internasional

Salah satu hal yang sering lalai diperhatikan oleh pengirim ke luar negeri yaitu penulisan alamat. Penulisan alamat ini sangatlah penting karena akan sangat membantu kurir dalam mengirim paket hingga sampai ke tangan penerima. Kesalahan penulisan alamat atau alamat yang kurang jelas dan tidak lengkap justru akan menghambat pengiriman. Beberapa tips dalam menulis alamat penulisan internasional yaitu :

  1. Alamat harus ditulis dengan huruf kapital.
  2. Jika nama penerima dan alamat biasa ditulis dalam huruf Cina, Rusia, Ibrani, Yunani dan huruf – huruf lain yang tidak dalam huruf latin, maka tulisannya harus dilatinkan terlebih dahulu.
  3. Nama negara harus ditulis lengkap tanpa singkatan. (Misalnya: untuk Amerika Serikat tidak boleh disingkat menjadi USA, tetapi harus ditulis lengkap, United States of America.)
  4. Nama penerima dan alamat harus ditulis dengan huruf latin (a, b, c dsb) dan angka arabik (1,2,3 dsb) yang umumnya digunakan sehari – hari.
  5. Nama penerima harus sesuai dengan tanda pengenal yang dikeluarkan pemerintah setempat.

Anda bisa mengikuti tips di atas dalam penulisan alamat. Apabila penerima atau pembeli meminta untuk memasukkan informasi tambahan, sebaiknya tetap dimasukkan mengikuti permintaan penerima agar paket bisa tiba tepat waktu dan ke alamat yang benar.

Kilo.id adalah perusahaan yang membantu menyediakan layanan ekspedisi yang menawarkan jasa kirim barang dari Amerika ke Indonesia dengan pelayanan yang memuaskan dan tentunya juga telah berpengalaman dalam bidang ekspor impor. Tentunya juga harga yang terjangkau dan tepat waktu.

Deskripsi : cara mengirim barang ke luar negeri membutuhkan alamat yang benar dan lengkap agar proses pengiriman lancar.