Penggunaan Brace Untuk Atasi Scoliosis

Posted by Unknown on November 02, 2021

Seperti yang sudah banyak dijelaskan para pakar, skoliosis bukanlah kelainan yang tak bisa disembuhkan. Ada banyak metode yang bisa dimanfaatkan untuk kesembuhan skoliosis. Salah satunya adalah penggunaan brace skoliosis Indonesia.

Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis brace yang digunakan untuk pemulihan kelainan skoliosis. Berbagai jenis brace ini memiliki metode dan keunggulan yang berbeda-beda tentunya. Berbagai brace ini juga telah dilengkapi dengan kecanggihan teknologi untuk membantu perbaikan tulang belakang.

Penggunaan Brace Untuk Atasi Scoliosis

Macam-macam Brace Skoliosis

Seperti dikatakan sebelumnya, ada beragam jenis brace yang biasa digunakan untuk pemulihan skoliosis. Beragam brace ini juga harus disesuaikan dengan kondisi pasien saat akan menggunakan. Untuk itu, berikut ini bisa Anda simak dulu beberapa macam brace skoliosis yang biasa digunakan:

 

1.     Scolibrace

Salah satu alat brace yang cukup populer di kalangan penanganan skoliosis, adalah scolibrace. Alat brace yang satu ini memiliki fungsi penahan yang sangat baik untuk pertumbuhan skoliosis. Pertumbuhan skoliosis akan ditekan agar tidak menjadi lebih parah.

 

Selain itu, pada beberapa bagian alat brace ini dibuat super korektif. Artinya, scolibrace dirancang untuk melawan arah dari terbentuknya skoliosis.

 

Curva yang tadinya melengkung akan dibelokkan ke arah yang mebih normal. Sehingga tulang belakang bisa mendapatkan bentuk normalnya kembali. Bentuk tubuh yang tadinya kurang sejajar pun bisa diperbaiki dengan alat canggih yang satu ini.

 

Scolibrace juga dilengkapi dengan fitur yang mengatur waktu pemakaian pada pasien. Dengan adanya fitur ini, pasien jadi bisa lebih rutin menggunakan alat sesuai waktunya.

 

2.     Kyphobrace

Alat selanjutnya ini tidak hanya berfungsi untuk kelainan skoliosis, namun juga bisa digunakan untuk kelainan kyphosis pada tulang belakang. Baik skoliosis maupun kyphosis, memiliki ciri pada curva tulang yang bengkok. Pembengkokan ini tentu harus segera diatasi.

 

Fungsi dasar kyphobrace ini hampir sama dengan fungsi scolibrace. Alat brace ini bekerja untuk meluruskan curva tulang yang tadinya bengkok. Tak hanya itu, brace ini juga akan mengurangi kadar rasa sakit akibat adanya kelainan pada tulang belakang tersebut.

 

 

Selain itu, kyphobrace juga memiliki fitur canggih untuk memulihkan kondisi tulang yang bengkok dan menahan agar pembengkokan tidak makin tumbuh dan berkembang.

 

Uniknya, saat dikenakan di bawah baju, pemakai kyphobrace ini tidak akan terlihat sedang memakai alat. Tentunya hal ini akan membuat nyaman pasien. Penggunaannya juga sangat ramah, Anda tak perlu bantuan orang lain untuk memakai alat ini.

 

3.     ScoliNight

Seperti namanya, brace ScoliNight digunakan pada malam hari, dengan tujuan menghentikan perkemangan kelengkungan atau kurva tulang belakang di malam hari. Brace jenis ini bisanya digunakan oleh pasien muda atau anak-anak. Penggunaanya di malam hari ini juga bertujuan agar tidak menganggu aktivitas anak-anak yang biasanya aktif di siang hari. ScoliNight ini ramah pasien karena dilengkapi dengan pembuka dan penutup yang berada di depan tubuh, sehingga pengguna tidak perlu pertolongan orang lain saat memakai dan melepaskannya.

 

Brace biasanya disediakan di beberapa klinik khusus yang menangani kelainan skoliosis. Namun Anda juga bisa membelinya pada beberapa penyedia alat medis canggih. Beberapa brace yang sudah disebutkan di atas, biasanya punya ragam jenis lagi yang bisa disesuaikan dengan kondisi pasien.

Tidak bisa dipungkiri, penggunaan brace pada penderita skoliosis dinilai cukup efektif. Saat pasien menggunakan secara rutin, maka sama halnya pasien telah melakukan terapi untuk perbaikan kondisi tulang belakangnya.